Nabi Muhammad

Bersamaan dengan itu, dari buku pak Quraish tersebut kadang saya ingin membaca buku lain yang ada di bagian bibliografi. Mulailah saya mencari-cari buku yang menurut saya menarik untuk memenuhi minat saya tentang al qur’an ini. Saya juga sangat ingin mengetahui tentang biografi nabi Muhammad. Saya ingat diberi kawan print out biografi nabi yang tebal sekali. Lalu saya membaca Muhammad nya Karen Armstrong. Akhirnya saya membeli lagi buku-buku Karen Armstrong yang lain. Lalu buku-buku lain...

Tanpa mengurangi rasa hormat, biografi nabi yang ditulis oleh penulis Islam lain dengan yang ditulis oleh penulis barat. Kadang penulis Islam merasa perlu untuk mempertahankan prinsip dari tekanan-tekanan tertentu dan terasa defensif dalam penulisannya, dan kadang berbau mistik dan keajaiban Hal itu tidak terlihat dalam Muhamad nya Armstrong. Sebagai ‘orang luar’ dia hanya berusaha merangkum bahan-bahan yang ada dan menuliskan apa yang ada dipikirannya, dan terlihat dia juga mengagumi nabi. Sekitar saat itu juga saya membaca mengenai sejarah dan metoda pengumpulan hadis.

pic dari dovebook

Comments

  1. Karen memang penulis yang handal. Tapi sumber-sumber hadist masih bisa dipertanyakan. Buku ini hanya refleksi sejarah, bukan laporan peristiwa yang tepat.

    ReplyDelete
  2. bisa jadi, tapi setidaknya mengandung beberapa kebenaran.

    ReplyDelete
  3. Cari sumber yang tertua bang jangan yang abad 21 dong...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan udah dibilangin dipostingan, kenapa saya lebih suka baca yang bukan ditulis oleh penulis Muslim. Tapi kalo masbro baca buku Karen Armstrong ini, semua rujukannya ya dari sirah-sirah itu, ini kan masalah cara penyampaian. kalo mau ngantuk ya baca yang jadul itu

      Delete

Post a Comment