Cukuplah Allah bagiku, tiada tuhan selain Dia, untukMu tawakalku, dan Dia Rabbi arasy yang agung

Bacalah dan Tuhanmulah yang Maha Pemurah.
Yang mengajari dengan perantaraan pena.
Dia mengajari manusia apa yang belum diketahuinya

Ayat ini mengingatkan kita untuk terus membaca, menambah pengetahuan dengan segala akibatnya. Benarkah pencarian iman melalui bacaan berbahaya?
Google
 

Tuesday, November 2, 2010

Teror Ka'bah 1979

Subuh itu di Mesjidil Haram Mekkah setelah shalat usai ratusan teroris mengeluarkan senapan-senapan mereka dari balik baju dan peti-peti jenazah. 51 buah pintu gerbang dikunci dari dalam dengan puluhan ribu jemaah didalamnya, dan dua orang polisi yang hanya bersenjatakan pentungan kayu ditembak. Para sniper ditempatkan di tujuh menara mesjid. Hari itu tanggal 1 Muharram 1400 H, atau tanggal 20 November 1979. Akhirnya sebagian besar jemaah dilepaskan dan beberapa ratus orang tetap ditahan dijadikan sandera.



Gambar dari majalla

Read more ->

Tuesday, October 26, 2010

Tifatul : Cobaan Untuk Indonesia

Saat ini Indonesia sedang berduka. Di Mentawai tadi malam kena tsunami, dan laporan terakhir 500 orang hilang. Lalu malam ini Gunung Merapi meletus, mengeluarkan awan panas dan evakuasi sedang dilakukan.

Dalam suasana berduka ini, sang Menteri komunikasi dan informasi menulis tweet-tweet ini:

Read more ->

Wednesday, October 20, 2010

Paranoid: Muslim Takut Pada Patung

Bukti # 1
Patung 3 mojang di perumahan bekasi dibongkar, karena desakan komponen muslim.

Gambar dari sini

Read more ->

Wednesday, October 13, 2010

Al Quran Adalah Kitab Kristen?

Saya pernah mendengar mengenai pendekatan hermeunetika dalam al Quran. Saya tidak begitu faham dengan ini, barangkali yang saya tulis ini termasuk kedalam nya barangkali juga tidak. Tapi inilah yang terjadi diluar dunia Islam, penelitian-penelitian mengenai Al Quran di 'barat'.
Rare leaf of the Quran


Read more ->

Wednesday, September 22, 2010

Idul Fitri : Merayakan Berakhirnya Puasa

Aid el-fitr

Saya sedang agak dibingungkan dengan istilah ini nih. Iedul Fitr. Disini kata fitr asalnya dari iftar, yang artinya buka puasa. Jadi Iedul fitr itu hari raya buka puasa. Saya setuju nih sepertinya dengan definisi ini. Tapi ada juga yang menulis bahwa fitr ini artinya penciptaan, atau kembali ke asal muasal, yang menurutku rancu dengan fithr. (note: seharusnya rancu dengan fitrah). IMHO iedul fitri itu hari raya berbuka puasa, tidak ada hubungannya dengan pengampunan dosa. Fitrah dan iftar itu artinya berbeda. Fitrah artinya kembali ke asal, atau penciptaan.

Read more ->

Wednesday, September 8, 2010

Quran Jawi



Senangnya..Quran terjemahan bahasa Jawa yang aku pesen dari teman yang tinggal di Semarang sudah sampe. Judulnya Tafsir al Quran bahasa Jawi, walaupun saya gak yakin kalau itu kitab tafsir, lebih tepat sih terjemahan..oleh Prof KHR Moh. Adnan.

Read more ->

Friday, August 6, 2010

Memang Harus Punya Agama?

Bali

Pasti semuanya menjawab HARUS! Bagaimana kamu menjalankan ibadah kalo gak punya agama, atheis apa gak punya agama? dst dst..

Read more ->

Thursday, May 27, 2010

Pilih Kebenaran atau Kebohongan??


gambar dari sini

An inconvenient truth vs a reassuring lie


Mending pilih kebenaran atau kebohongan? Kalau kebenaran itu ternyata bikin kacau, heboh, sementara kebohongan itu jaga kestabilan, kemapanan...

TANYA KENAPA????
Read more ->

Tuesday, May 25, 2010

Dulu Nabi Muhammad Boleh Digambar

Muslim selalu menganggap menggambar nabi Muhammad adalah hal yang haram. Ada ribut-ribut mengenai adanya gerakan Hari Semua Orang Menggambar Muhammad yang dinilai sangat melecehkan dan membuat muslim marah. Grup facebook yang Menentang Hari
semua Orang Menggambar Muhammad bisa dilihat disini.

Read more ->

Saturday, April 10, 2010

Laskar Cinta - Fatwa Ahmad Dhani


Gambar dari sini

Waktu mendengar sebuah lagu lama Dewa 19 yang judulnya Laskar cinta, disimak-simak kok liriknya bagus ya..terus search tentang lirik lagu ini dan ketemu dengan website libforall ini yang membahas tentang band Dewa dan lagu Laskar Cinta, sementara link ini dari web yang sama diberi judul 'Sebuah Fatwa Musikal Melawan Kebencian dan Terorisme Religius' menghubungkan dasar lirik lagu ini dengan ayat-ayat al qurannya. Hasil search lirik lagu ini juga membawa ke sebuah kolom di washington post tentang lagu melawan terorisme.

Read more ->

Monday, March 1, 2010

Al Quran Larangannya Cuma Sedikit

"Struggling to Surrender" – Jeffrey Lang
Gambar dari sini

Jeffrey Lang, mualaf yang ilmuwan ini mengatakan agar muslim menghentikan obsesi mereka dengan "peraturan". Hanya 3% dari al quran mengandung larangan, 97 % nya lagi tentang etika, hubungan manusia dg tuhan, tujuan hidup, moralitas, kisah-kisah bangsa jaman dulu, bagaimana menggunakan nalar dan keyakinan dan hal-hal penting lainnya.

Read more ->

Thursday, February 25, 2010

Selamat Natal Nabi Muhammad

Persian Architecture : Light source 1

Terinspirasi dari sebuah pertanyaan di YAAK..
Iya juga ya..natal itu kan lahir, hari ulang tahun sama kan dengan hari natal, jadi untuk yang merayakan saya ucapkan 'Selamat merayakan hari natal rasul nabi yang ummi"..

Read more ->

Sunday, February 7, 2010

Tambah Tahu, Tambah Tidak Tahu

llibreria - bookstore - Amsterdam - HDR

Semakin banyak kita tahu, semakin kita tidak mengetahui.

Saya tidak tahu dari mana pepatah itu berasal, tapi pada suatu hari kalimat itu seperti meledak di kepala. Bahwa kalimat itu betul adanya.

Read more ->

Tuesday, January 26, 2010

Ngiler....



Bahaya membaca..bahaya membaca..bahaya membaca...

craving for this book....The Hidden Origins of Islam: New Research into Its Early History, Karl-Heinz Ohlig dan Gerd-R Puin (Editor). Ada yang mau beliin gak?!

Read more ->

Friday, January 8, 2010

Gus Dur dan Ba'asyir

Doves

Gus Dur sudah berpulang, semoga beliau diridhai Allah dan berada ditempat terhormat di surga.

Gus Dur terhadap Ba'asyir. Ba'asyir terhadap Gus Dur. DISINI bisa kita lihat bahwa Gus Dur berpendapat tentang perlunya nama Ba'asyir direhabilitasi kalau memang dia tidak bersalah. Itu tahun 2002. Sedangkan DISINI bisa dilihat berita tentang Ba'asyir yang menganggap Gus Dur murtad dan harus bertobat. Kejadian tahun 2008.

Who'd you rather? Gus Dur or Ba'asyir?
Read more ->

Agama Tidak Penting


Gambar dari photobucket

Apakah agama itu? Definisi ‘agama’menurut wikipedia bahasa Indonesia bisa di klik disini . Bisa dilihat bahwa definisinya sebetulnya sangat cair dan luas. Disitu bisa kita lihat ada 20 lebih agama.  Kata lain untuk menyatakan konsep ini adalah religi yang berasal dari bahasa latin religio

Read more ->